Belanja Online VS Belanja Offline

Zaman sekarang semuanya sudah serba Online, tidak hanya akses informasi berita dan sosial media saja, namun belanja pun sudah banyak dilakukan via online, bahkan edukasi online layaknya sekolah.

Belanja Online itu sebenarnya hampir sama dengan belanja Offline seperti di pasar dan toko, yaitu sama-sama melakukan transaksi jual beli, yang membedakan adalah kepraktisannnya, dimana Belanja Online bisa kapan saja, dimana saja dan semua yang kita inginkan ada.


Berbeda dengan Belanja Offline yang punya jam tutup toko, keterbatasan produk dan jarak tempuh, tapi barang yang akan kita beli bisa dicoba/dicek dulu, jadi apakah yang lebih baik Belanja Online atau Belanja Offline? Berikut tips Belanja Online vs Belanja Offline yang bisa jadi pedoman Anda.

Kelebihan Belanja Online lebih unggul dibandingkan Belanja Offline, namun tidak pada semua kondisi, misalnya Anda mencari unit Lemari Baju yang sebenarnya ada di toko di daerah Anda, apakah Anda akan membelinya di Online? 

Mungkin Harga di Online jauh lebih murah, misalnya di Toko Offline dekat rumah Anda harga lemari adalah Rp 500.000, sedangkan di Online adalah 350.000, tentu saja lebih murah di Online kan, tapi faktanya pada kasus seperti ini, Offline akan menguntungkan Anda.

Karena ongkos kirim untuk unit lemari secara Online pastinya tidak sedikit, bisa sampai 100.000 atau lebih, tergantung jarak. Belum lagi lamanya pengiriman lemari ke alamat Anda, lalu apakah lemari tersebut benar-benar mulus tanpa cacat? Apakah selama perjalanan lemari tidak terbentur atau lainnya? 

Jika ternyata lemari tidak sesuai keinginan saat sampai alamat, apakah tidak repot untuk mengembalikan lemari tersebut ke alamat Toko Online? Sedangkan membeli secara Offline di Toko, Anda bisa raba lemari tersebut secara leluasa dan bisa memastikan model, keadaan dan kokohnya lemari sebelum membelinya.

Untuk Offline tentu akan ada mobil milik Toko yang akan mengantarkannya ke alamat Anda dan biasanya tidak akan ada ongkos tambahan jika jarak Toko dan alamat Anda tidak begitu jauh. 

Pada keadaan diatas, belanja lemari atau barang-barang berukuran besar dan berat sebaiknya di toko Offline saja, kecuali Anda memiliki opsi pengiriman gratis dan asuransi produk yang menjamin lemari sesuai pesanan dan dalam kondisi yang baik.

Dari pengalaman ini Anda tentu bisa menilai mana yang lebih baik antara Belanja Online atau Offline, yaitu sesuai kebutuhan dan tergantung pada situasinya, untuk Belanja Online jangan lupakan menghitung ongkir atau ongkos kirim dan kepastian produknya.

Mungkin Anda juga tertarik untuk membaca yang ini juga: Waktu yang tepat untuk Belanja Online. Demikian perbandingan antara Belanja Online dan Belanja Offline yang bermanfaat bagi Anda yang suka belanja.
Recent Search