Inilah Tempat yang tepat untuk Meminjam Uang

Kebutuhan Pinjaman Uang bisa datang kapan saja, dikarenakan oleh ketidakcukupan ekonomi dan keadaan yang memaksa, ada beberapa Jenis Pinjaman Uang atau kredit diantaranaya adalah menghubungi orang terdekat seperti berikut ini.
Pinjaman Uang antar keluarga atau sanak famili

Mengajukan pinjaman uang kepada saudara atau anak famili akan lebih fleksibel dan nyaman dibanding kepada teman-teman atau rekan kerja, apalagi kepada orang yang belum dikenal. 

Meskipun terlihat nyaman dan aman, tetapi tetap akan ada potensi resiko seperti masalah yang timbul dari pinjaman sesama keluarga tersebut bisa berupa perpecahan, misalnya disaat ada keterlambatan pembayaran, meskipun bersaudara dan berkeluarga tetap saja uang adalah sesuatu yang penting dan perannya sangat mempengaruhi kehidupan.

Juga karena sikap dan emosi orang yang berbeda-beda, tidak menjamin bahwa mengajukan pinjaman uang kepada saudara atau keluarga akan berjalan mulus, keuntungan yang diperoleh dari pinjaman jenis ini adalah kenyamanan dalam mempercayai dan timbulnya keakraban yang lebih dari sebelumnya, pinjaman antar keluarga atau saudara itu juga memiliki nilai positif lainnya seperti tanpa jaminan dan rincian jangka waktu beserta bunga bisa di minimalisir.

Masalah akan timbul apabila terjadi keterlambatan atau sikap yang tidak saling menghargai antar saudara dan keluarga. 

Meskipun begitu, tidak semua pinjaman antar keluarga itu tanpa jaminan, dikarenakan faktor sifat dan sikap manusia yang berbeda-beda, bisa saja ada embel-embel jaminan dan bunga bahkan ancaman, tergantung pada watak dan kebijaksanaan seseorang.

Jika diteliti lagi, banyak kasus-kasus pertikaian antara keluarga bahkan keluarga dekat sekalipun hanya karena masalah hutang atau pinjaman uang, perpecahan pun tidak terhindarkan, hal ini disebabkan bukan karena watak pemberi pinjaman saja, bisa jadi malah pihak peminjam yang semena-mena dan tidak tau berterimakasih sehingga tidak mementingkan pembayaran hutangnya, tentu ini akan memancing emosi dan berujung pada perpecahan.

Solusinya adalah: Buatlah prosedur yang menyerupai pinjaman uang kepada bank, namun di terapkan kedalam persaudaraan atau kekeluargaan dimana yang patut di hilangkan adalah faktor jaminan atau boroh dan bunga, untuk masalah rincian cicilan bulanan dan jangka waktu sebaiknya tetap menyerupai pinjaman resmi di bank.

Dengan begitu akan ada semangat saling menghargai dan terhindarnya perpecahan keluarga atau persaudaraan hanya kerana bantu membantu masalah keuangan.

Jenis Pinjaman Uang yang lain adalah kepada Teman atau Rekan

Ini membutuhkan jiwa persahabatan yang kuat dan sedikit lebih rawan dibanding pinjaman kepada keluarga ataupun bank, karena teman atau rekan tetap bukan siapa-siapa kita secara bathin, sedangkan antar keluarga atau persaudaraan saja ada pertikaian yang muncul apalagi antar teman dan rekan.

Kembali kepada faktor yang pasti, yaitu watak seseorang. Hubungan pertemanan terkadang mengalahkan hubungan kita dengan keluarga, banyak kondisi dan situasi yang seperti itu.

Saling membantu antar teman adalah hal yang bagus, dari hubungan pertemanan bisa meningkat menjadi persaudaraan yang sangat dekat, untuk teman dan rekan yang baru, sebaiknya jangan mencoba mengajukan pinjaman uang karena rawan berbagai masalah.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa pinjaman uang saat ini menjadi bisnis yang egois, egois maksudnya adalah mementingkan diri sendiri dengan sedikit unsur bantuan tidak pasti tetapi banyak keuntungan di bidang komisi, seperti eMeLeM dan program-program bisnis lainnya yang mana setiap membernya tidak mau tau apapun yang terjadi harus mendapatkan jaringan, termasuk memanfaatkan kesusahan orang lain yang sedang mencari pinjaman uang.

Pinjaman yang lainnya adalah Pinjaman Uang kepada Koperasi yang tersedia

Ini sama halnya dengan pinjaman uang ke Bank, hanya saja tempatnya berbeda, pinjaman di koperasi bisa dibilang lebih merakyat daripada pinjaman ke bank, karena beberapa koperasi keuangan tidak mewajibkan adanya jaminan, meski tidak semuanya tetapi bisa di katakan lebih fleksibel dibanding pinjaman ke Bank.

Sedangkan Pinjaman ke Bank dapat diajukan apabila memiliki jaminan atau boroh, seperti BPKB mobil atau motor, Surat tanah, penerimaan gaji, dan lain-lain, persiapkan juga masalah bunga dan sanksi apabila ada keterlambatan pembayaran. 

Meskipun begitu, meminjam ke Bank jauh lebih baik dan aman dibanding meminjam uang kepada Rentenir.
Recent Search