Ciri-ciri Penipuan Pinjaman Uang

Penipuan di bidang Pinjaman uang atau Kredit sudah banyak terjadi, terutama melalui media internet. 

Internet yang bersifat bebas dan fleksibel telah dimanfaatkan oleh pelaku penipuan sebagai media prakteknya, dengan bermodalkan blog gratis atau jaringan sosial yang berisi tawaran-tawaran Pinjaman uang atau kredit, mereka dapat dengan mudah menggiring korban.

Jangan sampai anda atau saudara maupun rekan anda menjadi korban berikutnya, untuk itu kami tuliskan beberapa peringatan untuk anda mengenai Ciri-ciri pelaku penipuan pinjaman uang secara umum maupun khusus.

Biasanya penipuan seperti itu memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:

1. Menawarkan layanan Pinjaman uang yang serupa dengan layanan Pinjaman atau Kredit resmi dari Bank. 

Mulai dari fasilitas hingga cara berbicara kepada calon korban, sehingga sulit untuk membedakannya dengan yang resmi, dalam hal ini belum bisa diambil kesimpulan atas kebenaran layanan tersebut.

Biasanya fasilitas dan cara bicara mereka yang mirip layanan resmi tidak bertahan lama, mereka dapat mengubah-ubah semuanya demi masuknya calon korban kedalam perangkapnya, ini bisa dibuktikan apabila calon korban banyak bertanya dan banyak bernegosiasi, maka akan terlihat ciri - ciri kejanggalanya.

2. Pelaku penipuan akan berpura-pura perhatian

Mereka akan membuat nyaman para calon korban. Hal ini dapat ditinjau dari pembicaraan telepon atau sms, bahkan berpura-pura mengatakan bahwa layanan ini khusus untuk anda atau spesial atau promo.

Boleh diluar prosedur perusahaan, maksudnya mereka akan membantu secara pribadi diluar prosedur perusahaan, dan terus membujuk calon korban dengan berbagai cara.

3. Pelaku penipuan akan berpura-pura berasal dari perusahaan yang ternama

Tapi rumit. Rumit maksudnya adalah tidak jelas ketika ditanya lebih lanjut tentang perusahaannya, bahkan mereka selalu menghindari pembicaraan tentang hal ini dengan berbagai cara. 

Seperti menggunakan nama atau stilah yang sulit, berasal dari luar negeri, tidak ada waktu, dan sebagainya. Keluguan calon korban akan sangat berpengaruh.

4. Pelaku penipuan akan menawarkan hal-hal menarik seperti Bunga ringan

Tanpa jaminan, Tanpa bunga, Pembayaran cicilan yang fleksibel dan Perlindungan asuransi, ini akan membuat calon korban menjadi semakin tergoda dan lupa akan keadaan sebenarnya.

5. Adanya biaya administrasi

Atau biaya awal yang harus di bayar sebelum memperoleh pinjaman uang atau Kredit dan tidak bisa dipotong dari Pinjaman kredit. 

Disitulah sebenarnya keuntungan yang di peroleh pelaku penipuan, yaitu biaya awal atau administrasi uang muka, hal ini adalah step terakhir bagi pelaku penipuan dan selanjutnya akan langsung mengambil uang dan menutup rekeningnya.

Meskipun begitu, ada juga pelaku penipuan yang lebih pintar, seperti tidak mengharuskan biaya awal atau administrasi, tetapi tetap punya rencana buruk terhadap calon korban.

Waspada dan selalu gunakan layanan resmi, jangan mudah tergoda oleh tawaran dari orang yang tidak jelas dari perusahaan mana, juga jangan langsung percaya terhadap perusahaan sebelum mendatangi dan cek keberadaan dan kebenaran perusahaannya.

Masih banyak lagi ciri-ciri penipuan dalam hal Pinjaman uang atau Kredit, jika berkenan, silahkan tambahkan melalui komentar, supaya bermanfaat bagi siapapun yang membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Recent Search