Tips Ampuh Melunasi Hutang

Cara melunasi hutang, kalimat atau pertanyaan tersebut sering muncul di fikiran orang yang berhutang atau kredit, terutama orang yang fikirannya sudah buntu karena sudah mencoba semua cara tetapi belum berhasil dalam melunasi hutangnya.

Menurut saya, hutang itu bersifat berbahaya, karena memiliki hutang itu berarti memiliki ancaman nantinya, di awal memang akan terasa nyaman, tetapi pada pertengahan biasanya akan terjadi hal-hal yang mengerikan.

Itu disebabkan karena kurangnya kesadaran akan hutang dan kurang mengatur keuangan, seharusnya lebih berhati-hati dalam memikirkan hutang atau pinjaman uang.

Berikut ini beberapa tips melunasi hutang dengan baik:

1. Berfikirlah panjang sebelum memilih jalan hutang ataupun pinjaman uang, mulai dari peninjauan kebutuhan. 

Jika ada jalan lain, maka sebaiknya tidak memilih Berhutang, namun jika tidak ada jalan lain lagi, cobalah untuk menghitung-hitung semuanya terlebih dahulu, bayangkan pula yang akan terjadi kedepannya, fikirkan dengan teliti sebelum mengajukan hutang atau pinjaman uang.

2. Buatlah target yang jelas dalam berhutang, jangan pernah asal-asalan dan terbawa suasana "berduit", sehingga pada masa berjalannya hutang akan mengalami hal-hal buruk dalam pembayaran cicilannya kemudian.

3. Pastikan anda memiliki gaji yang cukup, aturlah semua rincian keuangan masuk maupun uang keluar, sehingga lebih mudah dalam mengelolanya. Jangan sampai lupa jumlah pinjaman, cicilan, bunga, jangka waktu, dan sebagainya.

4. Hidup Hemat, sehingga tetap memiliki persiapan dana untuk membayar cicilan hutang. Jangan mencoba ganggu dana yang telah disiapkan untuk membayar cicilan hutang, jangan tergoda untuk menggunakannya ke yang lain. Ini hanya akan menghadirkan penyesalan nantinya.

5. Jika anda kesulitan dalam membayar cicilan hutang ataupun pinjaman uang, coba mengadu kepada saudara atau keluarga, sebelum memutuskan untuk mencari tempat berhutang yang baru.

6. Tetaplah anda mencari-cari peluang untuk menghasilkan uang, jangan hanya diam dan mengeluh. 

Yang terpenting adalah usaha dan doa yang baik, jika memilih jalan yang sesat untuk melunasi hutang, maka sama saja akan menambah hutang baru karena ganjalan atau karma, setiap apa yang kita perbuat selalu ada balasannya meski tidak langsung datang seketika.

Sadari bahwa hidup setiap manusia sudah di takdirkan, menghindar seperti apapun akan percuma, lewatilah semua cobaan hidup dengan baik sehingga akan memperoleh kebahagiaan dunia juga akhirat. Itulah beberapa Tips melunasi hutang, semoga bermanfaat.
Recent Search